Nggak perlu pakai nasi pera, ini cara bikin nasi goreng agar hasilnya kering dan tak berkerak

Nggak perlu pakai nasi pera, ini cara bikin nasi goreng agar hasilnya kering dan tak berkerak
foto: YouTube/TIFFYCOOKS

Brilio.net - Nasi goreng bisa jadi menu andalan saat punya stok nasi di rice cooker masih tersisa. Cara membuat nasi goreng juga terbilang simpel. Terlebih kamu bisa menambahkan berbagai isian nasi goreng sesuai selera, seperti ayam, telur, bakso, sosis, dan masih banyak lagi.

Setelah semua bahan siap, tinggal tumis bumbu halus di wajan. Jika sudah harum dan matang, masukkan nasi dan bahan isian. Aduk-aduk sampai nasi goreng mengering dan tercampur sempurna.

Sekilas memang terlihat gampang, namun sebagian orang mengaku mengalami kegagalan saat membuat nasi goreng. Iya, nasi goreng yang dihasilkan malah menggumpal sehingga bumbunya tidak bisa merata. Belum lagi, jika terlalu lama dimasak, nasi malah mengerak dan menempel di permukaan wajan.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, sebagian orang sengaja membuat nasi goreng pakai jenis nasi khusus, yakni nasi pera. Tekstur nasi pera yang lebih kering, kurang pulen, dan cenderung terpisah-pisah saat dimasak cocok untuk diolah jadi nasi goreng. Lantas, bagaimana kalau tidak ada stok nasi pera di rumah?

Nggak perlu khawatir, seorang pengguna YouTube TIFFYCOOKS sempat membagikan tutorial membuat nasi goreng cuma mengandalkan nasi biasa. Meski tidak pakai nasi pera, hasil nasi gorengnya tetap memuaskan, lho. Iya, hasilnya tetap kering, bumbu merata, dan tidak mengerak di permukaan wajan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya