Tak perlu pakai minyak banyak, ini trik bikin bawang goreng renyah hingga 2 minggu walau tanpa tepung

Tak perlu pakai minyak banyak, ini trik bikin bawang goreng renyah hingga 2 minggu walau tanpa tepung
foto: YouTube/Eddy Siswanto

Brilio.net - Bawang goreng seringkali dijadikan untuk taburan berbagai macam masakan, seperti soto, rawon, nasi goreng, hingga sop. Teksturnya yang renyah dan aromanya yang sedap memang bisa bikin masakan semakin lezat. Saking enaknya, tidak sedikit yang menyantap bawang goreng ini sebagai camilan.

Bawang goreng termasuk bahan makanan yang sering diburu, oleh sebab itu mudah ditemukan di pasar atau toko kelontong terdekat. Alih-alih membuatnya sendiri, memang lebih banyak orang yang memilih membeli bawang goreng instan dalam kemasan. Bukan tanpa alasan, membuat bawang goreng jadi pekerjaan yang susah-susah gampang.

Banyak orang yang mengeluhkan hasil bawang goreng yang tidak sesuai ekspektasi. Entah karena bawangnya jadi gosong atau teksturnya yang mudah layu. Memang pada dasarnya butuh trik khusus saat hendak membuat bawang goreng agar hasilnya renyah tahan lama dan gurih.

Salah satu trik yang paling sering dilakukan adalah dengan menambahkan tepung. Membaluri bawang iris dengan tepung dianggap mampu menghasilkan tekstur bawang goreng yang renyah. Atau ada juga yang menggorengnya dalam minyak banyak agar bawang semakin garing.

Namun selain menggunakan tepung atau minyak banyak, sebenarnya ada trik lain yang bisa dilakukan, lho. Seorang kreator konten makanan bernama Eddy Siswanto pernah membagikan trik membuat bawang goreng antilayu. Melalui channel YouTube Eddy Siswanto, dia mengaku tidak menggunakan tepung untuk merenyahkan bawang goreng. Selain itu, minyak yang dipakai juga hanya tidak banyak.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya