Tak perlu pakai sitrun, ini trik hilangkan noda jamur di talenan kayu andalkan 3 bahan dapur

Tak perlu pakai sitrun, ini trik hilangkan noda jamur di talenan kayu andalkan 3 bahan dapur
TikTok/@our.lil.house

Brilio.net - Talenan dipakai untuk alas memotong berbagai macam bahan masakan. Alat satu ini pun banyak dijual dengan bentuk dan harga yang variatif tergantung dari bahannya. Ada yang terbuat dari plastik, karet, hingga kayu.

Nah, talenan berbahan kayu cukup banyak dipilih karena terkenal dan dipercaya lebih awet. Harga talenan kayu pun relatif murah. Selain itu, talenan kayu juga dinilai lebih kokoh untuk memotong bahan makanan. Namun di balik kelebihannya, talenan kayu cenderung sulit dibersihkan.

Selain itu, jika talenan kayu disimpan dalam kondisi yang basah atau lembap juga akan mudah ditumbuhi jamur. Biasanya noda jamur tersebut ditandai dengan adanya bintik hitam di permukaan talenan. Kalau sudah begini, talenan pun nggak bisa dipakai karena jamurnya dapat menempel ke bahan makanan sehingga nggak higienis.

Banyak orang kemudian memilih untuk membuangnya dan menggantinya dengan yang baru. Padahal kalau tahu triknya, noda jamur tersebut masih bisa dihilangkan, lho. Sejumlah orang menambahkan sitrun saat mencuci talenan agar noda jamurnya terangkat dan hilang.

Tapi terkadang sitrun juga bisa menimbulkan alergi pada sebagian orang. Nah, supaya lebih aman, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh akun TikTok @our.lil.house. Dalam salah satu unggahannya, dia mengaku bisa menghilangkan noda jamur di talenan kayu tanpa sitrun. Dia hanya mengandalkan 3 bahan yang berasal dari dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya