Tak perlu pengawet, ini 9 cara membuat tepung maizena homemade yang awet hingga 5 bulan

Tak perlu pengawet, ini 9 cara membuat tepung maizena homemade yang awet hingga 5 bulan
foto: YouTube/KL Krensi

Brilio.net - Tepung maizena biasanya digunakan sebagai bahan pengental pada makanan, seperti sup, capcay, teriyaki, saus, hingga fla. Lantaran fungsinya yang cukup penting dalam menciptakan tekstur masakan, tepung maizena tentu masuk ke dalam deretan bahan masakan yang wajib ada di dapur.

Pada dasarnya, tepung maizena bisa dengan mudah didapatkan di pasar atau toko kelontong. Namun selain membelinya di toko, kamu sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Cara membuat tepung maizena sebenarnya cukup mudah, karena tidak membutuhkan bahan atau alat khusus. Untuk mebuatnya, kamu cukup menyiapkan jagung segar sebagai bahan utamanya.

Nah, kamu bisa meniru resep membuat tepung maizena homemade yang dibagikan channel YouTube/KL Krensi. Lewat salah satu video unggahannya, pengguna YouTube tersebut membagikan resep sekaligus cara membuat tepung maizena dengan alat yang sederhana. Meski begitu, pemilihan jagung sebagai bahan utamanya juga perlu diperhatikan.

"Untuk jagung, lbih ke tua ya bun jangan yg muda(aku biasa pke jgung umur 95-100 hari untuk jagung besar). Yg tua hasil tepungnya lbih banyak. Bisa juga menggunakan jagung manis tp harus yg tua yaa," tulis pemilik channel YouTube/KL Krensidalam keterangan videonya.

Meski produksi rumahan, namun tepung maizena homemade ini awet hingga berbulan-bulan tanpa pengawet tambahan. Nah, penasaran bagaimana proses pembuatannya? Yuk, simak cara membuatnya, dilansir BrilioFood dari YouTube/KL Krensi pada Selasa (6/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya