Tak perlu presto, ini trik sederhana mengempukkan babat sapi pakai satu bahan dapur

Tak perlu presto, ini trik sederhana mengempukkan babat sapi pakai satu bahan dapur
YouTube/Heru Sutrisno Channel

Brilio.net - Hidangan daging sapi nggak melulu hanya diambil bagian dagingnya, tapi jeroannya juga bisa dijadikan alternatif menu lauk pendamping nasi. Jenis jeroan sapi bermacam-macam, contohnya ada paru, kikil, babat, dan lainnya. Nah, kalau babat, bagian ini dikenal dengan dinding lambung sapi.

Dilansir dari webmd.com, babat sapi punya kandungan protein yang tak kalah tinggi dibanding dagingnya, lho. Bahkan, setiap 10 gram babat sapi, bisa bantu memenuhi 20 persen kebutuhan protein harian. Protein dari babat sapi ini dipercaya bisa membantu perut kenyang lebih lama, menguatkan otot, dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

Babat sapi sendiri bisa pula dimasak jadi berbagai hidangan lezat, lho. Contohnya, ada gulai babat, babat gongso, babat mercon, nasi goreng babat, babat goreng, sop babat, soto babat, dan lain sebagainya. Tekstur babat yang empuk dan kenyal memang nikmat banget di lidah.

Tetapi, tekstur babat yang empuk ini tidak bisa didapat secara instan, lho. Pasalnya, babat harus diolah terlebih dahulu agar tidak alot. Bahkan, tak jarang orang-orang membutuhkan waktu berjam-jam merebus babat ataupun memanfaatkan alat presto biar cepat empuk.

Namun, ada trik mengempukkan babat sapi yang lebih cepat dan sederhana dari warganet bernama Heru, nih. Ia mengaku, trik mengempukkan babat sapi ini sudah sejak lama ia dan keluarganya praktikkan di rumah. Di samping itu, menurutnya trik ini bisa pula dipraktikkan pada babat kambing, lho.

"Ini adalah resep turun temurun untuk mengempukkan babat sapi atau kambing," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Heru Sutrisno Channel pada Kamis (6/4).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya