Tanpa alat, ini cara melipat kulit pastel agar tertutup rapat dan rapi

Tanpa alat, ini cara melipat kulit pastel agar tertutup rapat dan rapi
foto: TikTok/@dapurnyaditha90

Brilio.net - Pastel merupakan salah satu camilan yang seringkali ditemui di penjual kue basah. Jajanan satu ini memang sangat populer di Tanah Air. Meskipun begitu, tak banyak yang tahu jika pastel merupakan sajian yang berasal dari Brasil dan Portugis, lho.

Biasanya pastel disajikan di berbagai momen-momen spesial seperti tasyakuran, acara lamaran, hingga arisan keluarga. Rasanya yang gurih dengan berbagai isian membuat siapa saja yang menyantapnya akan ketagihan.

Pastel sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu pastel kering dan pastel basah. Biasanya pastel kering disajikan sebagai kudapan. Dan pastel basah merupakan makanan yang biasanya berisi sayuran, ayam, telur, dan bihun.

Selain karena rasanya yang lezat, cara membuat pastel pun terbilang mudah karena tidak memerlukan keahlian khusus saat membuatnya. Tak salah jika banyak orang mencoba membuatnya di rumah. Namun, banyak yang mengalami kesulitan saat melipat kulit pastel, lho.

Terkadang kalau tidak rapi dan tertutup rapat, isian pastel malah akan keluar saat digoreng dan membuat tampilannya menjadi tidak menarik. Meskipun saat ini sudah ada cetakan untuk pastel, namun tetap saja masih banyak orang yang mempunyai kendala saat melipat bagian ujung pastel.

Namun demikian, pemilik akun TikTok/@dapurnyaditha90 tidak sungkan membagikan trik jitu melipat kulit pastel. Melalui unggahan videonya, ia menunjukkan cara melipat kulit pastel agar tertutup rapat dan rapi.

Tanpa alat, ini cara melipat kulit pastel agar tertutup rapat dan rapi

foto: TikTok/@dapurnyaditha90

Dilansir BrilioFood pada Jumat (2/9), pertama-tama, masukkan isian pastel ke dalam kulitnya. Banyaknya isian pastel jelas akan memengaruhi bentuk pastel nantinya. Jadi pastikan kamu mengisi pastel dengan isian yang pas, tidak berlebihan maupun terlalu sedikit.

Tanpa alat, ini cara melipat kulit pastel agar tertutup rapat dan rapi

foto: TikTok/@dapurnyaditha90

Jika sudah, tarik kulit pastel bagian sisi luarnya. Sambil pastikan, kulit dari pastel sudah tertutup dengan rapat di setiap sisinya. Tekan-tekan sampai sisi ujung dari pastel berbentuk pipih dan menjadi lebih tipis dari bentuk sebelumnya.

Tanpa alat, ini cara melipat kulit pastel agar tertutup rapat dan rapi

foto: TikTok/@dapurnyaditha90

Jika kulit di sisi luar sudah berbentuk pipih dan tipis, lalu lipatlah kulit pastel dengan menggunakan jempol dan telunjuk. Kamu hanya perlu melipat kulit pasteldengan menekan bagian luar ke dalam. Lakukan hal itu sampai sisi luar pastel terlipat secara sempurna. Lakukan secara perlahan, agar hasil lipatan yang dihasilkan bisa rapi.

Jika pastel sudah berbentuk rapi dan kulit tertutup rapat, kamu bisa langsung menggorengnya di api panas atau menyimpannya di kulkas sebagai stok. Trik yang dilakukan oleh Ditha ini menuai berbagai pujian dari warganet. Tak salah jika videonya sempat FYP dan mendapat ribuan likes.

@dapurnyaditha90 NIH YANG MASIH BINGUNG... #fyp #fyp #tipsandtricks Tu Tu Tutu - Foxilitus & Dybbukk

"Rapi bgt,"tulis akun TikTok/@rhstidnty.

"Rapih banget kak," ujar akun TikTok/@.

"Bisa cantik&rapi gitu yaakk, aq selalu GATOT," tulis akun TikTok/@HermynSuprajuningsih.

"Bagus pilinannya bun," ujar akun TikTok/@mami_panca76.

"Cantiiik," tulis akun TikTok/@Fatma.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya