Tanpa baking soda atau nanas, ini cara mengempukkan daging pakai 1 jenis buah

Tanpa baking soda atau nanas, ini cara mengempukkan daging pakai 1 jenis buah
Siapkan potongan daging yang ingin dimarinasi |

Namun, berbeda dengan warganet di akun YouTube ShubhsRecipes, ia punya bahan lain yang disebut-sebut tak kalah ampuh bikin daging jadi empuk, lho. Kali ini, ia mempraktikkan caranya pada daging kambing. Tetapi, cara ini juga bisa dipakai untuk memarinasi jenis daging lain, baik sapi atau lainnya. Lantas, penasaran gimana caranya?

Semula, siapkan potongan daging yang ingin dimarinasi. Kalau daging kotor, cukup diseka menggunakan kain atau tisu saja, tak perlu dicuci menggunakan air. Kemudian, siapkan bahan marinasinya, yakni buah pepaya yang masih mentah.

Dilansir dari masalaherb.com, buah pepaya kaya akan enzim papain. Nah, enzim ini akan bekerja untuk memecah serat-serat dan kolagen di dalam daging, sehingga setelah dimarinasi dan dimasak nantinya, tekstur daging akan lebih lembut.

Tanpa baking soda atau nanas, ini cara mengempukkan daging pakai 1 jenis buah

foto: YouTube/ShubhsRecipes

Nah, buah pepaya tersebut bisa dihaluskan dulu pakai blender, baru kemudian dicampurkan pada potongan daging. Setelah tercampur rata, daging bisa ditutup dan disimpan di dalam chiller kulkas. Proses marinasi pun tak perlu terlalu lama karena bisa membuat daging jadi kering usai dimasak.

"The important thing here is to not over tenderize it, as that will leave the mutton dry. Anything between 30 minutes to 4 hours is fine (Yang terpenting jangan berlebihan mengempukkannya, karena daging kambing bisa kering. Sebaiknya marinasi selama minimal 30 menit dan maksimal 4 jam)," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube ShubhsRecipes pada Rabu (9/8).

Usai dimarinasi, daging pun bisa langsung dibumbui dan dimasak jadi hidangan apapun sesuai selera. Pemilik akun YouTube ShubhsRecipes menjelaskan, daging tak perlu dicuci usai dimarinasi pakai buah pepaya karena buah ini tidak akan mengubah rasa asli dari daging itu sendiri.

Tanpa baking soda atau nanas, ini cara mengempukkan daging pakai 1 jenis buah

foto: YouTube/ShubhsRecipes

Gimana, gampang kan cara memarinasi daging pakai buah pepaya ini? Menilik kolom komentar di unggahan YouTube ShubhsRecipes, tak sedikit warganet yang antusias dengan cara ini, lho. Video ini pun sudah ditonton lebih dari 54 ribu kali.

"Great we can use papaya powder instead of raw papaya ? (Bagus, bisa nggak kita pakai bubuk buah pepaya alih-alih pakai buah mentah?)," tanya YouTube @malarhabi4418.

"Should we clean mutton with water after tendering? (Apa kita harus mencuci daging setelah dimarinasi?)," ujar YouTube @karthikstp1.

"Can anyone tell me the science behind it? I mean what property papaya has to tenderize the meat!!?? (Jelasin efek cara ini secara ilmiah, dong? Kenapa bisa buah pepaya mengempukkan daging?)," ujar YouTube @akashrishav4289.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya