Tanpa baking soda, ini trik bikin adonan pelapis ikan lele agar bentuknya keriting dalam sekali celup

Tanpa baking soda, ini trik bikin adonan pelapis ikan lele agar bentuknya keriting dalam sekali celup
foto: YouTube/Mbok Midut

Brilio.net - Ikan lele seringkali disajikan sebagai menu makan. Jenis ikan air tawar ini memang memiliki rasa yang enak dan bisa dimasak jadi berbagai macam menu. Salah satu menu yang paling populer adalah ikan lele goreng. Menu satu ini biasanya disajikan sebagai lauk dengan menu sayur pendamping.

Ikan lele goreng biasanya dimasak begitu saja setelah dimarinasi dengan bumbu. Namun ada juga yang lebih suka ikan lele dengan balutan tepung krispi. Memang pada dasarnya, adonan tepung yang digunakan untuk pelapis ikan lele ini diracik dengan berbagai macam bahan.

Dilihat dari pembuatannya, bahan yang digunakan untuk adonan pelapis adalah tepung terigu dan bumbu penyedap. Namun ada juga yang menambahkan bahan lain, seperti baking soda. Tambahan bahan ini dipercaya dapat membuat ikan lele jadi semakin renyah saat digoreng.

Sayangnya, adonan yang renyah saja terkadang tidak membuat bentuk ikan lele jadi keriting (seperti ayam kentucky). Ada teknik tersendiri untuk mendapatkan hasil seperti itu. Biasanya ikan lele harus dicelupkan ke dua adonan berbeda, yakni basah dan kering secara berulang-ulang.

Walau ampuh membuat tekstur ikan lebih garing dan krispi, namun metode tersebut kerap dianggap merepotkan. Nah, jika ingin lebih mudah, kamu bisa menerapkan trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Mbok Midut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mencelupkan lele ke satu adonan saja untuk menghasilkan bentuk yang krispi. Lantas terbuat dari apa adonan tersebut?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya