Tak perlu kapur sirih atau air jeruk nipis, ini trik bersihkan lendir ikan lele pakai 1 bahan dapur

Tak perlu kapur sirih atau air jeruk nipis, ini trik bersihkan lendir ikan lele pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@87_lembayung

Brilio.net - Salah satu jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi adalah ikan lele. Jenis ikan ini bahkan sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia. Oleh sebab itu, banyak orang memanfaatkannya sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi.

Pada dasarnya, ikan lele memang bisa dimasak jadi berbagai macam menu lezat. Mulai dari ikan lele goreng, mangut lele, krengsengan, rica-rica, hingga dimasak krispi dengan tepung. Nah, berbagai menu olahan ikan lele ini biasanya dijadikan lauk pendamping saat makan berat.

Namun di balik banyaknya kreasi olahan tersebut, mengolah ikan lele sebenarnya jadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, ikan lele memiliki tubuh yang lentur dan licin. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya lendir di permukaan ikan lele.

Nah, lendir pada ikan lele ini cenderung sulit dibersihkan. Sekalipun sudah dicuci berkali-kali di bawah air mengalir, lendir yang melimpah tersebut masih akan meninggalkan bekas. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian menggunakan bahan khusus saat membersihkan ikan lele. Misalnya dengan merendamnya dalam air kapur sirih atau air perasan jeruk nipis. Kedua bahan ini dinilai dapat membuat lendirnya rontok dengan cepat.

Namun jika kamu sedang tidak memiliki stok kapur sirih atau jeruk nipis di rumah, tak perlu khawatir, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh dalam menghilangkan lendir pada ikan lele ini. Bahan ini pernah digunakan oleh pengguna TikTok @87_lembayung saat dia hendak mengolah ikan lele. Mulanya, dia sudah membilas ikan lele ini selama tiga kali di bawah air mengalir. Namun lendir pada ikan lele tidak kunjung berkurang. Oleh sebab itu, dia pun menggunakan satu bahan dapur lain.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya