Cukup 5 menit, begini trik cairkan lele beku dengan cepat pakai 2 bahan dapur

Cukup 5 menit, begini trik cairkan lele beku dengan cepat pakai 2 bahan dapur
foto: TikTok/@asiemu

Brilio.net - Pada dasarnya, kesegaran ikan lele bisa dijaga dengan memasukkannya ke dalam freezer. Ikan lele memang cenderung awet hingga berbulan-bulan lamanya. Selain itu, rasa dan tekstur ikan lele juga tidak banyak berubah, sehingga tetap bisa dimasak untuk dikonsumsi sewaktu-waktu.

Namun ikan lele yang dimasukkan ke dalam freezer pasti akan membeku dan jadi keras. Saat hendak diolah, ikan lele harus dicairkan terlebih dahulu. Pasalnya, mengolah ikan lele dalam kondisi beku membuatnya tidak bisa matang sempurna. Selain itu, bumbu yang dipakai juga jadi tidak bisa meresap ke bagian dalam lele.

Lantas saat hendak mencairkan ikan lele, sebagian orang biasanya akan memindahkannya ke bagian chiller (kulkas bagian bawah). Suhu chiller memang lebih rendah dibandingkan freezer. Oleh sebab itu, ikan lele akan mencair dan jadi lunak dalam beberapa jam.

Namun proses mencairkan ikan lele seperti itu cenderung sangat lama. Bahkan dalam beberapa kasus, lele baru akan mencair setelah disimpan chiller semalaman. Metode seperti tentu kurang efektif jika waktu memasak cenderung singkat dan terburu-buru.

Jika kamu kerap terburu-buru atau bahkan lupa untuk memindahkan lele yang hendak dimasak, tak perlu khawatir, ada metode lain yang bisa dilakukan. Seorang pengguna TikTok @asiemu pernah membagikan trik mencairkan lele beku dalam waktu 5 menit saja. Dalam waktu sesingkat itu, dia mengaku lele yang sebelumnya keras bisa langsung lunak dan siap dimasak.

(brl/ola)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya