Tanpa baking powder, ini cara bikin lele krispi garing dan renyah tahan lama cuma tambah 1 bahan dapur

Tanpa baking powder, ini cara bikin lele krispi garing dan renyah tahan lama cuma tambah 1 bahan dapur
foto: TikTok/@yanesthi

Brilio.net - Buat yang bosan dengan pilihan lauk yang itu-itu saja, mungkin lele bisa jadi pilihan untuk diolah. Selain mudah didapat, jenis ikan air tawar satu ini juga dijual dengan harga yang relatif murah. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan lezat dan menggugah selera.

Dari sekian banyak olahan lele, lele krispi masih jadi favorit banyak orang. Bukan tanpa alasan, menu satu ini memang punya tekstur garing dan super renyah. Meski begitu, daging lele masih terasa lembut dan gurih karena sudah dimarinasi dengan bumbu.

Cara membuat lele krispi juga terbilang mudah. Setelah dimarinasi bumbu, lele biasanya dicelupkan ke adonan tepung. Agar teksturnya semakin garing, sebagian orang sengaja menambahkan baking powder ke dalam adonan tepung. Jika sudah terbalur sempurna, lele baru digoreng di minyak panas. Hasilnya, permukaan lele jadi krispi yang keriting dan renyah saat dimakan.

Tapi nggak melulu pakai tambahan baking powder, kamu bisa membuat lele krispi dengan mengandalkan dapur lainnya. Seperti pengguna TikTok dengan nama akun @yanesthi. Dalam video unggahannya, ia sengaja mengganti baking powder dengan bahan dapur lainnya. Nggak cuma itu, ia juga menggunakan trik saat proses menggoreng agar hasil lele krispinya tidak mengalami kegagalan.

“Aku sebelumnya pernah goreng lele dgn cara dicelupin di tepung dari awal, bukan di tengah2 proses menggoreng. Tapi jadinya emang kurang krispi. Kalo pake cara seperti ini lebih enak jadinya,” tulisnya di keterangan video.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

    Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

  • Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

    Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

  • Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

    Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

Review

Selengkapnya