Tanpa cuka atau soda kue, cara unik bersihkan tungku kompor gas pakai dua bahan ini bikin keset lagi

Tanpa cuka atau soda kue, cara unik bersihkan tungku kompor gas pakai dua bahan ini bikin keset lagi
YouTube/Ali Porkom

Brilio.net - Ada orang yang punya segudang kesibukan di luar rumah, sehingga saat pulang hanya sempat beristirahat alih-alih melakukan kegiatan lainnya. Sehingga, tak sedikit yang merelakan dapurnya kotor dan hanya dibersihkan sewaktu-waktu saja. Tapi jika lama tak dibersihkan, otomatis noda akan membandel dan sulit dibasmi.

Misalnya pada tungku kompor, noda bekas minyak dan bahan makanan yang dibiarkan dalam waktu lama bisa mengering dan berkerak. Seringkali, tungku kompor yang sudah berkerak ini harus direndam berjam-jam dengan racikan bahan pembersih khusus baik yang dibeli di pasaran atau dibuat sendiri di rumah.

Kalau membuat racikan bahan pembersih sendiri, biasanya orang-orang memanfaatkan bahan dapur seperti soda kue, cuka, jeruk nipis, lemon, sitrun, garam, dan lainnya. Tapi, berbeda dengan warganet bernama Ali, nih. Lewat sebuah unggahan di YouTube, ia membagikan cara unik membersihkan tungku kompor pakai bahan yang tak biasa.

Namun, menurutnya cara yang biasa ia praktikkan untuk membersihkan tungku kompor ini mudah, ekonomis, serta tak membutuhkan waktu lama. Alhasil, tungku kompor miliknya yang sebelumnya dilapisi kerak tebal, jadi kinclong dan keset lagi seperti baru, lho.

"Ini cara membersihkan paling mudah, murah, dan tidak mengeluarkan banyak tenaga ya teman-teman," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Ali Porkom pada Senin (24/4).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya