Tanpa daun jambu biji atau minyak, ini cara hilangkan getah nangka di tangan pakai 1 bahan dapur

Tanpa daun jambu biji atau minyak, ini cara hilangkan getah nangka di tangan pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@umimaull

Brilio.net - Nangka menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang. Selain bisa dimakan langsung, buah berwarna kuning ini bisa diolah jadi berbagai hidangan yang menggugah selera. Bahkan saat kondisinya masih mentah, nangka juga bisa dimasak jadi aneka tumisan dan sayur.

Sayangnya di balik kelezatan itu, nangka punya getah yang melimpah. Saat dipetik dari pohonnya, getah nangka terus menerus keluar. Getahnya bertekstur kenyal dan semakin lama berubah menjadi lengket. Nggak cuma mengenai di pisau, terkadang getah nangka juga menempel di tangan.

Karena lengket, tangan yang terkena getah nangka jadi cepat sekali kotor. Cara mencucinya pun terbilang susah. Meski sudah dicuci berulang kali pakai sabun, getah nangka tetap menempel kuat di tangan.

Mengetahui hal tersebut, sejumlah orang sengaja meremas daun jambu biji dengan tangan yang terkena getah. Tanpa memerlukan waktu lama, seluruh getah yang awalnya di tangan langsung berpindah ke permukaan daun jambu biji.

Namun, jika sulit menemukan daun jambu biji, kamu bisa mengoleskan minyak goreng secukupnya ke seluruh permukaan tangan. Sambil digosok-gosok, getah nangka lama-kelamaan akan terkelupas dengan sendirinya.

Tapi nggak melulu pakai 2 bahan tersebut, karena ternyata ada bahan lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan getah nangka di tangan. Cara ini sempat dilakukan oleh pengguna TikTok @umimaull. Di unggahan videonya, tampak ia mengganti daun jambu biji dan minyak goreng dengan satu bahan dapur. Penasaran bahan dapur yang digunakan apa?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya