Tanpa diblansir, ini cara simpan jagung pipil agar tidak keriput dan tetap manis hingga berbulan-bulan

Tanpa diblansir, ini cara simpan jagung pipil agar tidak keriput dan tetap manis hingga berbulan-bulan
foto: Instagram/@ummu_firdauss

Brilio.net - Jagung jadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam menu masakan. Mulai dari tumisan, camilan manis, hingga dicampurkan ke dalam salad. Bahkan jagung kerap digunakan sebagai pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Karena kerap dipakai untuk memasak, sejumlah orang memilih untuk menyimpan jagung sebagai stok di rumah. Agar hemat tempat, jagung sengaja dipipil terlebih dahulu sebelum disimpan. Hal ini juga membuat proses pengolahan jagung lebih praktis nantinya.

Sayangnya, menyimpan jagung yang sudah dipipil terbilang susah-susah gampang. Kalau asal, jagung pipil justru akan mengerut. Nggak cuma itu, rasanya pun akan berubah jadi tidak manis lagi dengan seiringnya waktu.

Sebagai solusinya, sejumlah orang sengaja memblansir (merebus sayuran dalam larutan garam dalam waktu yang cepat). Kalau sudah, langsung angkat dan masukkan jagung pipil ke dalam air dingin. Selanjutnya, tiriskan jagung pipil lalu simpan ke dalam wadah. Wadah tersebut langsung masukkan ke dalam kulkas.

Usut punya usut, ada metode lain yang bisa digunakan untuk menyimpan stok jagung pipil. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna Instagram @ummu_firdauss. Menurutnya, dengan cara penyimpanan seperti ini, jagung akan tetap manis dan bertahan hingga berbulan-bulan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya