Tanpa dimasukkan kulkas, ini cara menyimpan jengkol mentah supaya awet hingga 4 bulan

Tanpa dimasukkan kulkas, ini cara menyimpan jengkol mentah supaya awet hingga 4 bulan
YouTube/MANGYONOcom TV

Brilio.net - Jengkol merupakan bahan makanan yang memiliki aroma menyengat. Namun, hal itu tidak menghalangi para penggemarnya untuk tetap menyantap berbagai olahan jengkol. Sebenarnya rasa jengkol itu lezat dan teksturnya pun mirip daging.

Tapi untuk mengolahnya memang bisa dibilang susah-susah gampang. Jika tidak tahu triknya, jengkol akan terasa keras saat disantap. Sebagai solusinya, kamu bisa merebus jengkol selama beberapa menit sebelum mengolahnya. Setelah itu, jengkol bisa dimasak dengan berbagai bumbu sesuai selera.

Nggak cuma soal cara mengolahnya saja, jengkol juga harus disimpan dengan baik jika ingin dijadikan stok. Karena jika asal, jengkol lama-kelamaan akan mengerut dan kehitaman. Bahkan tak jarang menjadi busuk. Jika sudah seperti ini, tentunya jengkol tidak bisa dikonsumsi lagi. Sayang, kan?

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube MANGYONOcom TV. Di salah satu videonya, ia menunjukkan tutorial menyimpan jengkol agar bisa awet hingga 4 bulan lamanya, lho. Nggak perlu merebus atau memasukkannya ke kulkas, pria satu ini memiliki cara unik untuk menyimpan stok jengkolnya.

Dilansir BrilioFood dari YouTube MANGYONOcom TV pada Minggu (26/3), pria satu ini sengaja mengolahnya terlebih dahulu menjadi jengkol sepi. Jengkol sengaja dikubur dalam tanah untuk mengurangi kandungan asam jengkolat. Dengan begitu, jengkol menjadi lebih tahan lama. Lalu bagaimana cara membuat jengkol sepi?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya