Tanpa diperam di beras, ini cara mematangkan sirsak agar lebih manis dalam 2 hari pakai 1 bahan dapur

Tanpa diperam di beras, ini cara mematangkan sirsak agar lebih manis dalam 2 hari pakai 1 bahan dapur
foto: YouTube/ADVA ANAK PETANI

Brilio.net - Sirsak dikenal sebagai buah yang tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia. Rasa sirsak manis dan segar, sehingga banyak orang doyan menyantap buah satu ini. Selain dikonsumsi secara langsung, buah sirsak juga cocok diolah jadi jus, lho.

Buah sirsak pun mengandung banyak khasiat untuk tubuh. Dilansir dari utep.edu, buah ini mengandung antioksidan, serat, sampai aneka vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, menurunkan risiko kanker dan diabetes, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan rasa manis dan segar dari buah ini, sudah pasti kamu harus memilih sirsak yang sudah matang. Kalau belum matang, sirsak biasanya masih terasa asam dan sedikit getir. Nah, kondisi buah sirsak sudah matang bisa diketahui dengan menekannya. Jika sudah cukup empuk, bisa jadi buah tersebut sudah matang. Tetapi, kalau buah sirsak masih cenderung keras saat ditekan, sebaiknya diamkan dulu beberapa hari hingga matang sebelum dikonsumsi. Di samping itu, untuk mempercepat proses pematangan buah sirsak, tak jarang orang-orang memilih memeramnya di dalam tumpukan beras. Namun, masih ada berbagai trik lain yang juga bisa kamu gunakan.

Salah satu triknya sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube ADVA ANAK PETANI, nih. Usut punya usut, ia biasa mematangkan buah sirsak dengan tambahan satu bahan dapur. Dengan trik ini, buah sirsak yang masih mentah bisa matang dan lebih manis hanya dalam 2 hari, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya