Tanpa dipresto dan dibelah pakai pisau, trik keluarkan tulang duri ikan ini bikin dagingnya tetap utuh

Tanpa dipresto dan dibelah pakai pisau, trik keluarkan tulang duri ikan ini bikin dagingnya tetap utuh
YouTube/Dunia Rojak

Brilio.net - Ikan menjadi salah satu hasil laut yang harganya terkenal terjangkau. Banyaknya jenis ikan, membuat masyarakat pun memanfaatkannya sebagai lauk. Memang pada dasarnya, ikan bisa diolah menjadi banyak menu. Olahan ikan ini bisa disantap bersama nasi putih dan menu sayur.

Namun sekalipun rasanya lezat, masih banyak orang justru menghindari makan ikan. Bukan tanpa sebab, ikan jenis apapun memiliki tulang dan duri di bagian tengah dagingnya. Bagi yang tak terbiasa, tulang duri ikan ini bisa dengan mudah tertelan dan berpotensi menyangkut di tenggorokan. Mengalami hal tersebut tentu sangat menyakitkan.

Sejumlah orang pun lantas membuang tulang duri ikan ini sebelum diolah dan dikonsumsi. Salah satu metode yang paling umum dilakukan adalah dengan membelah daging ikan menggunakan pisau. Namun risikonya, daging ikan jadi nggak utuh dan akan mudah mengerut saat dimasak dalam kondisi sudah terbelah.

Sebagai gantinya, ada sejumlah orang yang juga menggunakan alat lain seperti presto. Jadi, ikannya akan direbus dalam presto hingga tulangnya lunak. Walau ampuh, namun cara ini biasanya hanya bisa berhasil pada jenis ikan yang memiliki duri halus seperti ikan bandeng.

Jika kamu hendak mengeluarkan tulang ikan yang berukuran lebih besar, ada metode lain yang bisa diterapkan. Nah, metode ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Dunia Rojak. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan pisau atau presto untuk mengeluarkan tulang duri ikan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya