Tanpa direndam air panas, ini cara hilangkan kerak noda kunyit di panci cuma pakai tiga bahan

Tanpa direndam air panas, ini cara hilangkan kerak noda kunyit di panci cuma pakai tiga bahan
foto: YouTube/Bunda Aira Berceloteh

Brilio.net - Bagi sejumlah orang yang sering berkegiatan di dapur, kunyit bisa dibilang sebagai salah satu bumbu yang wajib ada untuk masak hidangan tertentu. Contoh hidangan yang dibuat pakai kunyit ada pepes, gulai, tongseng, pesmol ayam, nasi kuning, dan lain sebagainya. Di sisi lain, karena kaya akan nutrisi, kunyit juga sering dijadikan minuman herbal atau jamu.

Dilansir dari hopkinsmedicine.org, kunyit memiliki zat aktif bernama kurkumin yang ampuh mencegah terjadinya inflamasi pada tubuh, mengatasi permasalahan metabolisme, menjaga kolesterol stabil, menyehatkan ginjal, dan masih banyak lagi. Nggak heran kalau banyak sekali orang yang memilih rutin minum jamu berbahan rempah satu ini, ya?

Seringkali, untuk membuat jamu atau minuman kunyit, harus direbus terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan kunyit yang masih utuh dengan memarutnya terlebih dahulu ataupun sudah diolah jadi bubuk. Di sisi lain, rebusan kunyit pun bisa dicampurkan dengan bahan-bahan lain sebelum dikonsumsi, seperti asam jawa, susu, madu, dan lainnya.

Namun, apabila sering merebus kunyit, nodanya bisa membekas dan sulit dihilangkan dari panci, bahkan bisa sampai berkerak, lho. Walaupun sudah disikat kuat, biasanya noda berwarna kuning ini masih tetap membandel. Lantas, harus bagaimana?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya