Tanpa direndam, begini cara jitu mengolah tumis jamur supaya nggak bau tengik

Tanpa direndam, begini cara jitu mengolah tumis jamur supaya nggak bau tengik
foto: TikTok/@maaaaayyyyy16

Brilio.net - Jamur bisa jadi pilihan menu sayur untuk dikonsumsi sehari-hari. Jenis jamur yang bisa dikonsumsi pun beragam, tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing. Misalnya ada jamur kancing, enoki, tiram, merang, shiitake, kuping, portobello, shimeji, dan lain sebagainya.

Jamur juga kaya akan manfaat untuk kesehatan, seperti serat, antioksidan, vitamin, dan lainnya. Dilansir dari uclahealth.org, mengonsumsi jamur bisa membantu turunkan risiko terkena kanker, membasmi kolesterol jahat dalam tubuh, menjaga pencernaan sehat, meningkatkan imunitas, dan masih banyak lagi.

Kreasi olahan jamur juga bervariasi, salah satu yang paling simpel yakni dijadikan tumisan. Tetapi, banyak orang menganggap olahan tumis jamur kurang nikmat karena masih terdapat aroma tengik. Hal ini juga kerap dialami oleh warganet bernama Mai. Namun, sekarang ia tak perlu ogah lagi makan tumis jamur karena sudah tahu cara mengolahnya biar nggak bau.

"dulu ga suka sama tumis jamur, semenjak pakai cara ini, aku makin cintah mengolah jamur biar gak bau tengik wkwk," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @maaaaayyyyy16 pada Senin (12/6).

Biasanya, banyak orang menghilangkan bau tengik pada jamur dengan merendam jamur dulu sebelum dimasak. Contohnya, pakai air larutan garam, air panas, atau air putih biasa tanpa campuran apa-apa. Tapi berbeda dengan warganet di akun TikTok @maaaaayyyyy16 ini, ia tak merendam jamurnya sama sekali. Lantas, gimana dong caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya