Jangan cuma dicuci, begini cara menghilangkan jamur di cobek tanah liat agar tak tumbuh lagi

Jangan cuma dicuci, begini cara menghilangkan jamur di cobek tanah liat agar tak tumbuh lagi
foto: YouTube/Azizah Muzamil

Brilio.net - Walau kini sudah ada alat canggih seperti blender, namun banyak orang masih gemar menggunakan cobek untuk menghaluskan bumbu masakan. Aroma yang dihasilkan dari proses mengulek menggunakan cobek dan ulekan memang berbeda dibandingkan ketika bumbu diblender. Biasanya aroma bumbu atau rempahnya lebih kuat dan sedap. Oleh sebab itu, banyak orang masih mengandalkan cobek dan ulekan.

Cobek bisa ditemukan di pasaran dengan berbagai macam varian. Misalnya jika dilihat dari bahan, ada cobek berbahan tanah liat yang cenderung ringan. Selain cobek batu, cobek tanah liat juga banyak diandalkan karena ringan dan bisa digunakan sebagai alas untuk menyajikan makanan.

Yup! Tak hanya dimanfaatkan untuk menghaluskan bahan atau bumbu masakan, cobek juga kerap dipakai sebagai pengganti piring, lho. Di rumah makan atau restoran tradisional, banyak yang masih menggunakan cobek untuk menyajikan lauk pauk dan sayuran. Selain itu, cobek tanah liat juga bisa digunakan untuk memasak, lho.

Namun perlu diketahui bahwa cobek tanah liat juga harus dirawat dengan baik. Hal ini lantaran cobek bisa jadi sarang jamur dan bakteri ketika lama tidak dipakai. Jamur ini akan muncul di pori-pori dan permukaan cobek, sehingga bisa bikin makanan terkontaminasi ketika dipakai.

Karena cobek tanah liat memiliki banyak pori-pori, maka jamur ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan mencucinya dengan sabun. Bukan tanpa alasan, sabun dan spons cuci piring tidak bisa menjangkau jamur di bagian dalam pori-pori cobek. Sehingga walau permukaannya tampak bersih, jamur di bagian dalam bisa tumbuh lagi.

Jika kamu mendapati kondisi cobek tanah liat seperti itu, jangan buru-buru dibuang, ya. Karena sebenarnya ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur tersebut. Seorang pengguna YouTube bernama Azizah Muzamil pernah membagikan cara mengatasi jamur di cobek tanah liat hanya dengan bahan-bahan dapur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya