Tanpa direndam cuka atau tepung, ini trik basmi lendir dan bau amis ayam kampung pakai 2 bahan dapur

Tanpa direndam cuka atau tepung, ini trik basmi lendir dan bau amis ayam kampung pakai 2 bahan dapur
TikTok/@mamiliciouse

Brilio.net - Makanan dengan bahan dasar ayam kerap menjadi comfort food atau menu yang dipilih banyak orang. Pada dasarnya, daging ayam memang memiliki cita rasa lezat. Selain itu, protein hewani satu ini juga selalu cocok dipadukan dengan berbagai macam bumbu, seperti balado, pesmol, cabai merah, dan masih banyak lagi.

Selain enak, daging ayam juga memiliki nilai gizi tinggi, lho. Dilansir dari nuffoodsspectrum.in, daging ayam memiliki protein dan banyak nutrisi penting bagi tubuh, diantaranya seperti retinol, vitamin C3, B9, dan seng. Semau nutrisi tersebut bisa membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Banyaknya nutrisi pada daging ayam ini membuatnya lantas jadi menu primadona banyak orang. Bahkan tidak sedikit yang kemudian menjadikannya menu makan sehari-hari. Olahan daging ayam ini selalu cocok disajikan sebagai lauk yang disantap dengan nasi putih hangat.

Namun jika hendak memasak daging ayam, kamu harus bisa mengolahnya dengan benar. Pasalnya daging ayam biasanya mengeluarkan bau amis yang kurang sedap. Selain itu, ada juga lendir di permukaannya. Menurut pengguna TikTok @mamiliciouse, lendir dan bau ini bisa semakin pekat jika jenis ayamnya adalah ayam kampung.

"Karena karakteristik aroma ayam kampung sedikit lebih kuat daripada ayam broiler," ujar TikTok @mamiliciouse, dikutip BrilioFood pada Rabu (4/10).

Pada dasarnya, lendir dan bau amis ini bisa dihilangkan dengan bahan khusus. Misalnya dengan merendam daging ayam dalam larutan cuka, atau membalurinya dengan tepung. Pasalnya, cara ini dipercaya bisa menghilangkan bau amis dan lemak pada ayam.

Namun dalam beberapa kasus, merendamnya begitu saja tidak membuat lendirnya hilang sempurna. Oleh sebab itu, pengguna TikTok @mamiliciouse menggunakan metode lain untuk membasmi lendir dan bau amis pada daging ayam kampung. Bahan yang digunakan juga lain dari biasanya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya