Tanpa disikat, ini cara simpel bersihkan kerak hitam di saringan teh pakai 3 bahan dapur

Tanpa disikat, ini cara simpel bersihkan kerak hitam di saringan teh pakai 3 bahan dapur
YouTube/Sanjeev Kapoor Khazana

Brilio.net - Saringan punya berbagai macam ukuran. Ada saringan berukuran besar dan biasa dipakai untuk masak, lebih tepatnya meniriskan minyak dari gorengan. Tapi, ada pula saringan kecil yang dimanfaatkan untuk menyeduh teh ataupun kopi supaya ampasnya tidak ikut masuk ke minuman.

Namun, saat sudah sering dipakai, saringan teh ini jadi mudah kotor, ada noda kerak hitam terutama di pinggirannya. Kalau dicuci dengan air dan sabun biasa, noda ini sangat sulit hilang. Pasalnya, kalau dibiarkan kotor, bisa tumbuh bakteri di sekitar saringan, sehingga kurang higienis lagi.

Buat yang tak ada waktu dan tenaga untuk membersihkannya, beli saringan baru bisa jadi jalan ninja. Tetapi, jangan buru-buru beli saringan baru dulu, karena ada cara membersihkan peralatan dapur tersebut yang jauh lebih mudah, bahkan tanpa repot menyikat sama sekali. Cara ini dibagikan oleh warganet asal India bernama Sanjeev dan cocok dipraktikkan pada saringan berbahan stainless steel.

"You can use this method for cleaning multiple kitchen tools like tempering pan, stained knives, more strainers, frying spoons, etc (Kamu juga bisa pakai metode pembersihan ini pada sejumlah perabot dapur lain seperti panci, pisau, saringan jenis lain, sutil penggorengan, dan lain-lain)," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Sanjeev Kapoor Khazana pada Kamis (4/5).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

    Jalan Makan Mie Tiwi, Nyobain Mie Garing Khas Makassar

  • Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

    Jalan Makan Kambing Babeh Dolof, dagingnya lembut dan bumbunya nampol banget

  • Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

    Jalan Makan Sunda Prasmanan Cikajang, ngeunah pisan restoran Sunda di Jakarta Selatan

Review

Selengkapnya