Tanpa ditaburi tepung, ini trik menggoreng ayam agar supaya minyaknya tak meletup

Tanpa ditaburi tepung, ini trik menggoreng ayam agar supaya minyaknya tak meletup
YouTube/Mbak Yumi

Brilio.net - Di antara banyaknya lauk protein hewani, daging ayam jadi salah satu menu favorit. Olahan ayam sudah jadi favorit banyak kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, gemar makan ayam karena rasanya lezat dan cocok dimasak dengan berbagai macam bumbu.

Di antara banyaknya menu olahan, sajian ayam goreng jadi salah satu yang paling banyak digemari. Rasanya gurih, apalagi kalau digoreng garing akan semakin bikin nagih. Selain itu, bagian dalam daging ayam goreng biasanya tetap lembut meskipun luarnya renyah.

Ngomong-ngomong soal ayam goreng, ternyata masih ada yang enggan masak sendiri, lho. Salah satu alasannya karena proses menggoreng ayam terbilang cukup ribet. Saat dicelupkan ke dalam minyak panas, ayam goreng bisa langsung bikin minyak meletup hingga melukai kulit.

Pada dasarnya ada sejumlah trik yang diterapkan untuk membuat minyak tetap tenang saat menggoreng ayam. Salah satu trik yang dilakukan banyak orang adalah dengan menaburkan tepung ke dalam minyak panas. Baik tepung terigu atau tepung tapioka dianggap bisa membuat minyak jadi tenang dan daging ayam tidak meletus saat digoreng.

Namun perlu diketahui bahwa menambahkan tepung juga memberikan efek tertentu. Saat ditaburi tepung, minyak bisa cepat menghitam dan keruh. Oleh sebab itu banyak orang memilih menggunakan cara lain, sama seperti pengguna YouTube Mbak Yumi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya