Tanpa garam atau gula, begini cara ampuh menghilangkan rasa pahit rebung pakai 1 jenis daun

Tanpa garam atau gula, begini cara ampuh menghilangkan rasa pahit rebung pakai 1 jenis daun
foto: Youtube/Muji Rahayu Ningsih

Brilio.net - Rebung merupakan istilah yang disematkan untuk menyebut tunas atau bambu muda. Masyarakat Indonesia biasanya memanfaatkan rebung ini sebagai bahan makanan. Memang rebung bambu termasuk salah satu sayuran yang disukai banyak orang karena teksturnya yang renyah dan aroma khasnya.

Biasanya rebung dimasak dengan berbagai olahan khas Nusantara, seperti sayur lodeh atau aneka tumisan. Selain itu, rebung juga sering dijadikan sebagai isian lumpia. Jadi, rebung selalu cocok disantap sebagai menu makan berat atau sekadar camilan.

Sayangnya, di balik kenikmatan tersebut, ada proses pengolahan yang tak mudah, lho. Yup! Mengolah rebung pada dasarnya butuh teknik khusus. Bukan tanpa sebab, rebung bambu memiliki getah yang cukup banyak. Nah, getah ini bisa membuat rebung terasa pahit dan bau jika tidak benar-benar dihilangkan.

Di sisi lain, menghilangkan getah rebung sebenarnya menjadi PR tersendiri bagi banyak orang. Karena sudah melekat kuat, jadi getahnya tidak bisa hilang hanya dengan mencucinya di bawah air mengalir. Sebagai gantinya, sebagian besar orang biasanya akan menambahkan garam atau gula ke dalam olahan rebung untuk menyamarkan rasa pahitnya.

Padahal penambahan gula dan garam ini nggak melulu ampuh, lho. Oleh sebab itu, sebagian orang memilih alternatif lain, seperti halnya yang dilakukan oleh pengguna Youtube bernama Muji Rahayu Ningsih. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan garam dan gula. Namun ada bahan dapur lain yang dinilai lebih ampuh dalam menghilangkan getah penyebab rasa pahit pada rebung.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya