Tanpa garam atau pasta gigi, ini trik bersihkan kerak gosong di setrika cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa garam atau pasta gigi, ini trik bersihkan kerak gosong di setrika cuma pakai 2 bahan dapur
YouTube/SERABUT

Brilio.net - Berbagai perabot rumah bisa memudahkan segala pekerjaan. Salah satunya adalah setrika listrik. Jenis setrika ini memiliki plat panas berbahan besi yang digunakan untuk meluruskan sekaligus merapikan pakaian kusut. Karena menggunakan energi dari listrik, setrika ini juga bisa diatur suhu panasnya sesuai kebutuhan.

Namun seperti perabot rumah lain, setrika yang digunakan dalam jangka waktu lama cenderung bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering dialami banyak orang adalah permukaan plat besinya jadi gosong dan berkerak.

Hal ini sering terjadi ketika setrika digunakan untuk menyetrika baju bersablon atau dengan kandungan plastik yang mudah meleleh ketika terkena panas. Nah, lelehan dari sablon atau plastik tersebut biasanya akan menempel dan membuat setrika jadi berkerak.

Sayangnya, kondisi setrika yang berkerak gosong cenderung sulit dipakai. Bukan tanpa sebab, kerak gosong tersebut bisa membuat setrika jadi lengket dengan baju lain. Alih-alih rapi, hal ini justru berpotensi membuat baju jadi kusut atau bahkan rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan membersihkan kerak ini dengan sejumlah bahan khusus. Misalnya pakai garam atau pasta gigi. Kedua bahan ini dipercaya bisa mengangkat kerak gosong yang tebal sekalipun.

Namun Selain dengan dua bahan tadi, sebenarnya ada bahan lain yang bisa digunakan, lho. Bahan ini bisa dengan mudah ditemukan di dapur. Pengguna YouTube SERABUT pernah membeberkan bahan dapur yang digunakan tersebut.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya