Tanpa garam dan cuka, ini trik cepat mengurangi rasa pahit pare dalam 3 menit

Tanpa garam dan cuka, ini trik cepat mengurangi rasa pahit pare dalam 3 menit
foto: YouTube/Yani Hand

Brilio.net - Sayur pare memang identik dengan rasanya yang pahit. Walaupun begitu, banyak orang yang masih gemar mengonsumsinya. Bagi sebagian orang, rasa pahit pare menjadi ciri khas yang membuat menu sayur satu ini semakin nikmat disantap.

Sayangnya, rasa pahit ini juga menjadi alasan beberapa orang enggan mengonsumsi pare. Terlebih jika rasa pahitnya sangat pekat. Apapun campuran bumbunya, tentu rasa pahit yang pekat bisa sangat mengganggu dan menurunkan selera makan.

Tapi tenang saja, sebenarnya rasa pahit ini bisa dikurangi jika pare diolah dengan tepat, lho. Salah satu cara yang sering digunakan saat mengolah pare adalah menggunakan garam. Jadi, pare yang sudah dibuang bijinya akan dicampur dengan garam dan diremas-remas sampai getahnya keluar.

Selain dengan garam, ada juga yang menggunakan cuka. Bukan dengan cara diremas, tapi pare akan direbus bersama dengan cuka. Biasanya proses perebusan ini melibatkan campuran bahan lain, seperti garam dan gula.

Kedua cara tersebut memang bisa mengurangi rasa pahitnya, namun ada cara lain yang lebih ampuh, lho. Seorang pengguna YouTube Yani Hand pernah membagikan trik mengurangi bahkan menghilangkan rasa pahit pare tanpa garam dan cuka. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku cara yang dilakukan cenderung cepat dan praktis. Penasaran caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya