Tanpa garam, ini cara atasi hama penyebab keriting daun tanaman kemangi cukup dengan 3 bahan sederhana

Tanpa garam, ini cara atasi hama penyebab keriting daun tanaman kemangi cukup dengan 3 bahan sederhana
foto: YouTube/karya yaman; YouTube/Rois Farm

Brilio.net - Kemangi sudah sejak lama jadi pelengkap makanan favorit banyak orang, terutama buat penggemar hidangan pecel lele. Sayur satu ini disukai karena rasanya segar dan wangi. Di samping itu, daun kemangi juga dikenal punya banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari health.clevelandclinic.org, daun kemangi mempunyai aneka vitamin, antioksidan, mineral, dan lain-lain buat bantu tingkatkan kekebalan tubuh, mencegah risiko diabetes dan penyakit jantung, dan lain sebagainya. Selain dimakan langsung saat masih segar, kemangi juga bisa dimasak bareng menu seperti pepes, nasi bakar, atau tumisan.

Daun kemangi juga mudah ditemui di pasaran. Tetapi, kalau ingin lebih hemat, kamu juga bisa menanam tanaman kemangi sendiri di rumah, lho. Tanaman satu ini bisa ditanam di berbagai media tanam seperti tanah, pot, polybag, atau bahkan hidroponik. Usut punya usut, tanaman kemangi sangat mudah tumbuh ditanam dengan cara apa pun.

Namun, terkadang tanaman kemangi mudah mati jika terserang hama, sehingga harus sering-sering dicek dan dirawat agar tetap subur. Ada beberapa hama yang tertarik dengan tanaman ini, misalnya ulat, semut, atau bahkan kutu. Salah satu dampak yang dialami tanaman kemangi jika terserang hama yakni daunnya berubah jadi keriting.

Nah, buat kamu yang sedang berjuang mengatasi hama penyebab keriting daun pada tanaman kemangi, trik yang dibagikan oleh warganet di akun YouTube karya yaman cocok buat kamu. Biasanya, garam jadi bahan andalan untuk diberikan kepada tanaman. Tetapi, berbeda dengan warganet satu ini, ia punya tiga bahan lain yang nggak kalah sederhana dan ampuh.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya