Tanpa jeruk nipis dan bawang putih, ini cara ampuh menanak nasi agar wangi meresap serta cepat matang

Tanpa jeruk nipis dan bawang putih, ini cara ampuh menanak nasi agar wangi meresap serta cepat matang
foto: YouTube/Lisna dewy

Brilio.net - Di Indonesia, menanak nasi sudah menjadi kebiasaan setiap hari. Bagaimana tidak, makanan pokok satu ini biasanya disantap sebagai sumber karbohidrat saat makan berat. Sebagai pelengkapnya, nasi akan disajikan dengan lauk pauk dan menu sayur.

Supaya lebih praktis, kebanyakan orang kini menggunakan rice cooker untuk menanak nasi. Penggunaan rice cooker ini tak hanya meringkas waktu, namun juga tenaga. Kamu tinggal memasukkan beras dan air sesuai takaran, lalu nyalakan tombol 'cook'. Selang beberapa waktu, nasi langsung matang dan siap dikonsumsi.

Meskipun begitu, penggunaan rice cooker tetap bisa menyebabkan beberapa masalah dan kendala, lho. Misalnya nasi cepat bau dalam hitungan jam. Hal ini biasanya disebabkan karena jenis beras dan takaran air yang kurang pas saat memasak.

Untuk mengatasi masalah ini, sebagian orang melakukan eksperimen. Ada yang menambahkan sejumlah bahan, seperti air jeruk nipis atau bawang putih. Kedua bahan ini dipercaya bisa membuat nasi lebih wangi. Meskipun bisa bikin wangi, tapi terkadang aroma jeruk nipis dan bawang putih ini masih kurang merata dan menyerap.

Biasanya aroma jeruk nipis ataupun bawang putih hanya menguar di permukaan nasi, tidak bagian dalamnya. Padahal nasi yang enak tentu yang sedap seluruh bagiannya. Tapi tak perlu khawatir, ada sebuah trik yang bisa dilakukan untuk membuat aroma nasi lebih wangi hingga ke bagian dalam.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya