Cara simpel menanak nasi di panci listrik, matang sempurna tanpa dikukus atau diaduk

Cara simpel menanak nasi di panci listrik, matang sempurna tanpa dikukus atau diaduk
YouTube/Edo WD

Brilio.net - Menanak nasi menggunakan panci listrik jadi salah satu alternatif anak kos yang merantau jauh dari keluarga. Tapi ternyata, banyak juga keluarga yang menggunakan panci listrik karena dianggap lebih praktis, lho. Penggunaan panci listrik ini juga bisa jadi solusi saat rice cooker rusak dan gas kompor habis.

Namun menanak nasi di panci listrik tidak semudah menanak nasi di rice cooker. Karena terkadang hasil nasi justru tidak sesuai ekspektasi. Jika tidak dimasak dengan benar, nasi bisa terlalu matang dan lembek atau bahkan masih keras. Tak jarang juga yang justru mendapati hasil nasi malah gosong dan berkerak di bagian bawah, namun bagian atasnya belum matang sempurna.

Usut punya usut, memang ada teknik menanak nasi yang perlu diterapkan. Seperti menanak nasi di kompor, nasi yang sudah direbus harus dikukus terlebih dahulu. Dalam beberapa jenis panci listrik, biasanya ada alat pengukus khusus yang disediakan sepaket pada saat pembelian panci.

Tapi tetap saja, menanak nasi dengan cara lama (direbus dan dikukus) tentu memakan waktu lama. Bagi sejumlah orang, cara ini juga cenderung ribet. Padahal nasi yang dihasilkan juga belum tentu matang sempurna.

Jika ingin menanak nasi dengan lebih simpel, kamu bisa meniru sebuah trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Edo WD. Dalam salah satu unggahannya, dia menjelaskan tentang tutorial menanak nasi di panci listrik dengan lebih mudah. Bahkan tanpa dikukus atau diaduk, nasi bisa matang sempurna secara merata, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya