Cara masak sayur lodeh agar tidak asam dan mudah basi hingga seharian

Cara masak sayur lodeh agar tidak asam dan mudah basi hingga seharian
YouTube/NURISKY

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka sayur lodeh? Menu satu ini selalu bisa menambah selera makan. Selain itu, sayur lodeh juga cocok disantap dengan berbagai macam lauk.

Sayur lodeh biasanya dibuat dari berbagai macam bahan. Mulai dari terong, nangka, kacang panjang, campuran sayur, tahu, hingga tempe. Banyaknya bahan yang digunakan untuk lodeh membuat menu sayur satu ini punya banyak kreasi.

Namun di balik banyaknya bahan yang digunakan, ada satu bumbu khas sayur lodeh. Bumbu ini adalah santan. Yup, sayur lodeh memiliki kuah kental dan gurih yang terbuat dari santan sebagai ciri khasnya.

Walau bisa menambah cita rasa, namun santan ternyata dapat membuat sayur lodeh jadi nggak tahan lama, lho. Dalam hitungan jam saja, sayur lodeh bisa basi. Hal ini ditandai dengan baunya yang kurang sedap dan rasanya kecut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa meniru sebuah trik memasak sayur lodeh yang pernah dibagikan oleh pengguna YouTube NURISKY. Melalui salah satu unggahannya, dia mengaku pernah mengalami masalah yang sama ketika memasak sayur lodeh. Belum sampai sehari, sayur lodeh buatannya sudah basi.

"Pernah dulu saya punya pengalaman. Mendidih satu kali dua kali sudah saya matikan. Ternyata, sore sudah bau. Akhirnya terbuang," jelas YouTube NURISKY.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya