Tanpa lapisan daun pisang, ini trik mengukus siomay agar matang dan tidak lengket di panci

Tanpa lapisan daun pisang, ini trik mengukus siomay agar matang dan tidak lengket di panci
YouTube/@lenyyeni

Brilio.net - Siomay dikenal biasa dijual dengan harga terjangkau. Jenis dan bentuk siomay pun beragam. Ada siomay Bandung, siomay sederhana, hingga siomay dimsum. Tapi semua jenisnya, sama-sama memiliki rasa gurih dan tekstur kenyal saat dimakan.

Nggak melulu membelinya di luar, kamu bisa membuat siomay sendiri di rumah, lho. Dengan membuatnya sendiri, kamu bisa memilih bahan-bahan yang sesuai selera dan menghasilkan siomay lebih banyak. Sehingga siomay bisa disimpan untuk stok di rumah.

Meski cara membuatnya terbilang mudah, tapi ternyata masih banyak orang gagal. Alih-alih utuh, siomay yang dihasilkan justru tak sesuai ekspetasi. Usut punya usut, hal ini bisa dikarenakan siomay lengket saat dikukus. Kulit siomay satu dengan yang lain biasanya saling menempel, bahkan tak jarang juga menempel di saringan kukusan.

Jika siomay dipaksa diangkat, kulit siomay pun bisa robek. Tentunya hal ini membuat bentuk siomay jadi tidak menarik lagi untuk disajikan.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube @lenyyeni. Di salah satu videonya, warganet satu ini membagikan trik mengukus siomay agar matang merata dan tidak lengket di saringan panci kukusan.

Buat terlebih dahulu siomay yang akan dikukus. Warganet satu ini membuat siomay menjadi 2 macam, yaitu siomay biasa dan siomay tahu. Siomay yang sudah jadi pun dimasak dengan metode kukus.

Agar tidak lengket di saringan kukusan, sebagian orang biasanya menggunakan selembar daun pisang sebagai alas siomaynya. Namun, nggak perlu khawatir kalau kamu nggak punya stok daun pisang di rumah, karena trik ala pengguna YouTube satu ini nggak perlu pakai daun pisang, nih.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya