Tanpa minyak dan susu, cara polwan bikin fettucini carbonara ini sehat dan nggak bikin enek

Tanpa minyak dan susu, cara polwan bikin fettucini carbonara ini sehat dan nggak bikin enek
foto: YouTube/Donya Channel

Brilio.net - Pecinta masakan Eropa pasti sudah tidak asing dengan pasta. Pasta merupakan salah satu masakan khas Italia yang terbuat dari bahan dasar tepung gandum. Nah, pasta ini memiliki banyak sekali jenis yang bisa dibedakan dari bentuknya.

Salah satu jenis pasta yang populer di Indonesia adalah fettucini. Pasta jenis ini berbentuk seperti mi yang pipih dan berukuran lebih lebar dari mi pada umumnya. Sekilas, bentuk pasta ini memang mirip kwetiau. Biasanya fettucini dimasak dengan saus creamy dan topping keju. Masakan tersebut seringkali disebut carbonara.

Fettucini carbonara kerap disajikan sebagai menu makan berat. Bumbunya yang terbuat dari bawang bombay, keju, dan susu biasanya ditumis dengan minyak hingga matang. Barulah kemudian bumbu tersebut dicampur dengan fettucini yang sudah direbus hingga al dente.

Bagi beberapa orang, tekstur fettucini carbonara yang lembut dan creamy memang bikin nafsu makan meningkat. Namun bagi orang yang kurang suka dengan masakan creamy, menu tersebut justru bikin enek. Selain itu, penggunaan minyak dan susu membuat menu satu ini cenderung tinggi kalori.

Padahal tahu nggak, sih? Sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan jika ingin membuat fettucini carbonara dengan versi yang lebih sehat. Nah, hal ini pernah dilakukan oleh seorang polwan bernama Donya. Melalui akun YouTube Donya Channel, dia mengaku punya resep fettucini carbonara yang lebih sehat karena tidak menggunakan minyak atau susu.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya