Tanpa pasta gigi atau pemutih, ini trik bersihkan gelas kusam dan berkerak cuma pakai 1 bahan dapur

Tanpa pasta gigi atau pemutih, ini trik bersihkan gelas kusam dan berkerak cuma pakai 1 bahan dapur
TikTok/@astiniratnaa

Brilio.net - Berbagai macam alat dapur yang digunakan terus menerus biasanya akan jadi kusam. Gelas termasuk salah satu di antaranya. Perabot dapur satu ini akan kusam dan berkerak jika digunakan dalam waktu lama. Noda kusamnya akan semakin terlihat jika gelas terbuat dari kacang yang bening.

Pada dasarnya, ada banyak penyebab gelas jadi kusam dan berkerak. Dilansir dari thekitchen.com, salah satu penyebabnya adalah endapan mineral dari air sadah (air yang memiliki kadar mineral tinggi) yang menempel. Nah, endapan mineral ini tak bisa langsung luntur hanya dengan sabun cuci piring saja. Alhasil, residu dari mineral tersebut akan mengendap dan menebal, sehingga kerak pun timbul.

Noda kusam dan kerak pada gelas ini cenderung sulit dibersihkan. Perlu metode dan bahan khusus untuk melunturkan noda tersebut. Biasanya sejumlah orang tidak mengandalkan sabun cuci piring, sebagian besar justru memilih menggunakan cairan pemutih atau bahkan pasta gigi.

Meskipun cukup ampuh, namun kedua bahan ini juga berpotensi meninggalkan residu dan tertelan saat gelas digunakan. Supaya lebih aman, kamu bisa menerapkan trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok @astiniratnaa. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku membersihkan gelas kusam dan berkerak hanya dengan satu bahan dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya