Tanpa pemanis buatan, ini cara bikin es buah semakin segar, tak cepat basi, dan nggak mudah asam

Tanpa pemanis buatan, ini cara bikin es buah semakin segar, tak cepat basi, dan nggak mudah asam
YouTube/sobat dapur

Brilio.net - Salah satu minuman favorit untuk buka puasa adalah es buah. Nggak cuma menyegarkan, minuman satu ini terdiri dari berbagai jenis buah sehingga mengandung banyak vitamin. Buah yang dipakai biasanya terdiri dari semangka, buah naga, melon, alpukat, apel, dan lainnya. Agar lebih lengkap, biasanya ada tambahan kolang-kaling, nata de coco, sampai biji selasih di dalamnya.

Meski sudah banyak yang menjual es buah, tapi apa salahnya jika kamu mau mencoba membuatnya sendiri di rumah? Dengan membuatnya sendiri, kamu bisa memilih bahan-bahan yang berkualitas. Karena biasanya es buah yang dijual memakai pemanis buatan, lho. Sedangkan jika terlalu banyak mengonsumsi pemanis buatan berisiko memicu beragam penyakit.

Nah, kamu bisa membuat es buah tanpa pemanis buatan. Coba tiru resep es buah yang ditunjukkan oleh seorang pengguna YouTube sobat dapur. Dalam unggahan videonya, warganet ini mengganti pemanis buatan dengan bahan lainnya. Meski begitu, hasil es buahnya tetap segar, nggak cepat basi, dan nggak mudah asam.

“Ini letaknya di air gulanya, kalau air gulanya bener enak, bakalan segar es buahnya, karena kalau buah-buahannya mah sama aja,” ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube sobat dapur pada Rabu (13/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya