Tanpa pengawet, ini 7 cara bikin sirup jeruk agar tetap segar hingga 2 bulan

Tanpa pengawet, ini 7 cara bikin sirup jeruk agar tetap segar hingga 2 bulan
YouTube/TheHasanVideo

Brilio.net - Sajian minuman berbahan sirup menjadi salah satu pilihan tepat untuk dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Untuk penyajiannya, kamu bisa menuangkan sirup secukupnya, kemudian tambahkan air, dan es batu ke gelas. Dengan cara yang sangat praktis, kamu bisa melepas dahaga dengan minuman menyegarkan.

Salah satu varian sirup yang digemari banyak orang adalah sirup jeruk. Selain rasanya yang enak, sirup jeruk juga kaya akan manfaat. Dilansir dari medicalnewstoday.com, sirup jeruk sendiri mengandung vitamin, antioksidan, serta mineral yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, lho.

Nggak harus terus membeli, kamu pun bisa membuat sendiri sirup di rumah. Selain dapat mengatur tingkat kemanisan sirup, kamu pun bisa membuatnya dalam jumlah lebih banyak lalu dijadikan stok.

Stok sirup jeruk ini juga bisa bertahan lama, tergantung dari cara pembuatan serta penyimpanannya. Karena jika asal-asalan, sirup jeruk akan mudah basi sehingga tidak bisa dikonsumsi lagi. Maka dari itu kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube TheHasanVideo.

Selain resep, di videonya tersebut juga ia bagikan tutorial bagaimana cara membuat sirup jeruk yang benar. Tak hanya enak, namun sirup jeruk buatannya juga tahan hingga 2 bulan lamanya, lho.

Jadi penasaran, kan bagaimana cara bikinnya? Berikut telah BrilioFood lansir dari YouTube TheHasanVideo, tujuh cara bikin sirup jeruk ala rumahan yang segar dan tahan hingga 2 bulan padaJumat (13/1).

Bahan yang dibutuhkan:
- 1 kg buah jeruk
- 1 kg gula pasir
- 500 ml air
- 10 gram asam sitrat
- Pewarna makanan secukupnya
- 1/2 sdt garam

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya