Tanpa mesin khusus, ini cara mudah menyeduh kopi hitam tanpa ampas

Tanpa mesin khusus, ini cara mudah menyeduh kopi hitam tanpa ampas
pexels.com

Brilio.net - Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi terdiri dari beragam jenis. Salah satu yang populer adalah kopi hitam. Selain rasanya enak, kopi hitam juga memiliki aroma khas. Bahkan sebagian orang sengaja mengonsumsi kopi hitam sebagai 'penawar' rasa penat dan lelah.

Kopi hitam sendiri terbagi menjadi beberapa macam lagi, seperti americano, kopi tubruk, espresso, ataupun lainnya. Cita rasa setiap macam kopi hitam ini memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan saat ini, terdapat kopi hitam kemasan yang sudah dicampur dengan gula pasir, jadi akan sangat memudahkanmu saat menyeduhnya.

Meskipun cara membuatnya cukup praktis, ternyata masih ada sebagian orang malas membuat kopi hitam sendiri di rumah, lho. Bukan karena cita rasanya yang tidak enak, melainkan ada yang merasa terganggu karena ampas kopi mengapung usai diseduh.

Akibatnya, seringkalikamu membutuhkan waktu tidak sebentar untuk menunggu seluruh ampas kopi turun ke dasar gelas. Jika sudah seperti itu, tentunya kopi tidak bisa dinikmati saat sedang kondisi masih panas atau hangat.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang memanfaatkan alat khusus yang disebut espresso maker untuk menyaring ampas kopi. Sayangnya, alat satu ini dibanderol dengan harga kisaran ratusan hingga jutaan ribu.

Tak heran jika alat tersebut biasanya hanya digunakan di kafe atau restoran. Namun kamu tak perlu khawatir, ternyata ada cara praktis untuk mengatasi permasalahan tersebut. Cara ini dibagikan oleh warganet YouTube bernama Bro Alween. Di salah satu videonya, ia menjelaskan bahwa kunci kopi hitam terbebas dari ampas bisa dihasilkan dengan cara penyeduhan yang benar.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya