Tanpa mesin, begini 5 cara mudah membuat kopi espresso ala kafe

Tanpa mesin, begini 5 cara mudah membuat kopi espresso ala kafe
foto: TikTok/@jamesminumkopi

Brilio.net - Kopi espresso bisa dibilang sebagai dasar (base) dari segala jenis minuman kopi. Mulai dari americano, cappuccino, latte, macchiato, hingga es kopi susu menggunakan espresso sebagai dasarnya. Rasa kopinya yang pekat, membuat espresso memang memiliki cita rasa tersendiri.

Biasanya, kopi espresso yang banyak dijual di kafe diseduh dengan mesin khusus. Mesin espresso ini memang dibuat untuk memproses bubuk kopi sehingga bisa menghasilkan shot espresso secara otomatis. Tekanan dan suhunya airnya pun diatur sedemikian rupa agar ekstrak kopi yang dihasilkan terkonsentrat dengan baik.

Tapi selain menggunakan alat khusus, kopi espresso sebenarnya bisa dibuat secara manual tanpa mesin, lho. Tak perlu khawatir, bubuk kopi yang digunakan juga bisa berasal dari kopi hitam sachet yang dijual di pasaran. Asalkan tahu cara membuatnya, kamu bisa menghasilkan secangkir espresso yang tak kalah nikmat dari yang disajikan di kafe-kafe.

Cara membuat kopi espresso tanpa mesin ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok bernama James. Dalam salah satu unggahannya di TikTok/@jamesminumkopi, pemilik akun tersebut pernah mencoba eksperimen menyeduh kopi espresso secara manual tanpa alat khusus apapun. Menurutnya, rasa yang dihasilkan seperti espresso yang dibuat dari biji kopi robusta.

"Ini cocok buat robusta coffee lovers," terang James.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk simak lima cara mudah membuat kopi espresso ala kafe yang telah dirangkum BrilioFood dari TikTok/@jamesminumkopi, Sabtu (3/12).

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

  • Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

    Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

Review

Selengkapnya