Tanpa pengawet, ini cara sederhana bikin bumbu opor bubuk makin gurih dan tak basi hingga 1 tahun

Tanpa pengawet, ini cara sederhana bikin bumbu opor bubuk makin gurih dan tak basi hingga 1 tahun
YouTube/Kangmas IKI

Brilio.net - Masakan opor sudah sejak lama jadi masakan andalan untuk merayakan berbagai acara, mulai dari pernikahan, Lebaran, ulang tahun, Natal, dan lain sebagainya. Opor pun nggak melulu pakai daging ayam, tapi juga bisa dibuat dengan telur, tahu, tempe, dan daging lainnya.

Namun, proses pengolahan hidangan ini dikenal cukup susah, apalagi buat yang masih pemula soal masak. Lantaran komponen bumbu opor cukup banyak dan teknik memasaknya juga harus tepat, sehingga rasa dan tekstur yang dihasilkan sesuai dengan keinginan. Tapi, berbeda jika kamu sudah menyiapkan bumbunya terlebih dahulu nih, seperti yang biasa dipraktikkan oleh warganet bernama Iki.

Lewat sebuah unggahan di YouTube pribadinya, pria ini mengaku gemar bikin bumbu opor bubuk sendiri di rumah alih-alih beli karena alasan kesehatan. Namun, bumbu opornya ini disebut-sebut sangat memudahkan proses masak opor, lho. Bahkan, bumbunya bisa tahan lama meskipun disimpan tanpa kulkas.

"Biasanya kan beli bumbu opor ayam instan ya, ngeri-ngeri gimana, yang jelas ada pengawet, kemungkinan besar ada pewarna. Ya kalau sekali atau dua kali dipakai sih nggak papa, tapi kalau keseringan?" katanya, dikutip BrilioFood dari YouTube Kangmas IKI pada Kamis (13/4).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya