Tanpa perlu dibongkar, begini cara mengasah mata pisau mesin pemotong keripik

Tanpa perlu dibongkar, begini cara mengasah mata pisau mesin pemotong keripik
YouTube/3726 INOVATOR

Brilio.net - Ada banyak bahan makanan bisa dijadikan sebagai bahan dasar keripik. Misalnya singkong, kentang, ubi, apel, pisang, dan lain sebagainya. Proses pembuatan keripik ini pun bisa berbeda, tergantung dari tekstur bahan yang digunakan. Namun yang jelas, semua bahan makanan tersebut harus dipotong-potong hingga tipis terlebih dahulu. Potongan tipis tersebut akan menghasilkan tekstur keripik yang renyah dan garing saat digoreng.

Nah, untuk memotong bahan makanan berbentuk tipis, ada beberapa alat yang bisa digunakan. Salah satunya adalah mesin yang memang dirakit khusus untuk memotong keripik. Mesin pemotong keripik ini biasanya didesain bentuk bulat, terdapat pula beberapa mata pisaumenempel di bagian dalam.

Namun seperti kebanyakan pisau pada umumnya, mata pisau mesin tersebut juga bisa tumpul, lho. Apalagi jika mesin tersebut terlalu sering digunakan. Jika sudah begitu, tentu lebih sulit menghasilkan irisan yang tipis untuk dijadikan keripik.

Tapi jangan khawatir, ada cara sederhana dan simpel yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata pisau mesin pemotong keripik yang sudah tumpul. Cara ini pernah diperlihatkan oleh salah satu pengguna YouTube dengan channel 3726 INOVATOR. Melalui video unggahannya, dia membeberkan cara mengasah mata pisau tersebut tanpa harus membongkar mesinnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya