Tanpa rempah dan daun jeruk, ini trik agar beras dalam karung bebas kutu pakai 1 sampah dapur

Tanpa rempah dan daun jeruk, ini trik agar beras dalam karung bebas kutu pakai 1 sampah dapur
YouTube/Edy Art Studio

Brilio.net - Beras merupakan bahan makanan pokok yang kerap disimpan dalam jumlah banyak. Karena dikonsumsi setiap hari, tidak sedikit orang bahkan menyetok beras sampai berkarung-karung. Hal ini bertujuan supaya beras bisa dipakai sewaktu-waktu tanpa harus bolak-balik beli.

Walau lebih praktis, namun menyimpan beras dalam karung juga punya risiko tersendiri, lho. Biasanya beras bisa dengan mudah terkontaminasi kutu karena karung merupakan wadah yang mudah sekali sobek. Jika beras sudah terkontaminasi seperti ini, kualitasnya dapat menurun, lho. Beras jadi bau apek dan warnanya yang semula putih malah berubah menguning.

Untuk menghindari hal tersebut, sebagian orang biasanya akan mengandalkan sejumlah bahan. Ada yang menggunakan daun jeruk atau rempah seperti kayu manis atau cengkeh. Sejumlah bahan ini lantas ditanam dalam beras supaya kutu dan hama lain tidak bersarang di dalamnya.

Namun selain dengan cara tersebut, sebenarnya ada metode lain yang bisa dilakukan, lho. Seorang pengguna YouTube Edy Art Studio membeberkan alternatif lain saat menyimpan beras dalam karung agar bebas kutu. Bukan dengan rempah atau daun jeruk, pengguna YouTube tersebut justru memanfaatkan satu sampah dapur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya