Tanpa sabun cuci piring, ini trik basmi hama kutu dan semut di pohon jambu kristal cuma pakai 1 bahan

Tanpa sabun cuci piring, ini trik basmi hama kutu dan semut di pohon jambu kristal cuma pakai 1 bahan
YouTube/Fadly Ala Ala Kadarnya

Brilio.net - Tak sedikit orang sengaja menanam pohon jambu di pekarangan rumah. Di antara banyaknya jenis jambu, jambu kristal kerap dipilih untuk ditanam di pekarangan. Selain karena buahnya yang bisa dinikmati, daun dari jambu kristal yang rimbun juga membuat pekarangan jadi semakin asri.

Pohon jambu kristal ini seringkali ditanam langsung di tanah. Namun ada juga yang memilih menanamnya di pot. Memang pada dasarnya, pohon jambu kristal ini bisa dengan mudah tumbuh asalkan dirawat dengan baik.

Salah satu tahapan penting dalam merawat pohon jambu adalah dengan memberikan pestisida. Bukan tanpa sebab, jambu kristal termasuk pohon yang mudah diserang hama. Bagian daunnya, kerap diserang hama kutu. Sedangkan bagian batang dan buahnya sering dikerubungi semut.

Hama kutu dan semut ini akan memengaruhi pertumbuhan pohon jambu kristal. Nah, hama tersebut berpotensi membuat bunga jambu jadi rontok. Atau bisa juga membuat pertumbuhan buahnya jadi nggak maksimal, seperti rasanya jadi kurang manis atau buahnya pun mudah busuk.

Untuk mengatasi hama seperti itu, biasanya sebagian orang akan menggunakan pestisida yang berasal dari bahan kimia. Namun ada juga yang memanfaatkan bahan dapur, seperti sabun cuci piring. Walau ampuh membasmi hama, namun sabun cuci piring ini juga bisa membuat tanaman jadi kering jika dosisnya kurang pas.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan dapur lain untuk membasmi hama. Seorang pengguna YouTube Fadly Ala Ala Kadarnya pernah membagikan bahan dapur tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku bahan dapur ini lebih praktis didapat dan tidak akan membuat pohon jadi kering, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya