Tanpa tambahan bawang merah goreng, ini cara masak sayur lodeh agar tidak mudah basi dan lebih gurih

Tanpa tambahan bawang merah goreng, ini cara masak sayur lodeh agar tidak mudah basi dan lebih gurih
YouTube/Uli’s Kitchen

Brilio.net - Ada banyak masakan khas Nusantara yang bisa dimasak setiap harinya. Salah satunya adalah sayur lodeh. Selain bercita rasa enak, makanan satu ini juga bergizi karena berisi berbagai jenis sayuran. Sayur lodeh cocok dijadikan pendamping nasi dan berbagai lauk.

Karena saking enaknya, biasanya sayur lodeh disajikan saat momen-momen spesial, seperti Lebaran ataupun arisan. Buat kamu yang penasaran bagaimana rasanya, coba buat sayur lodeh sendiri di rumah. Mengingat cara membuat hidangan satu ini terbilang mudah, lho.

Namun di balik itu, sayur lodeh jadi salah satu hidangan yang nggak tahan lama. Dalam hitungan jam saja, sayur lodeh bisa basi. Hal ini bisa ditandai dengan rasanya yang asam dan baunya kurang sedap. Salah satu faktor kenapa sayur lodeh cepat basi adalah karena terbuat dari santan. Tapi sayang kan kalau sayur lodeh yang masih tersisa banyak, dibuang begitu saja?

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sejumlah orang sengaja menambahkan bawang merah goreng sebagai campuran sayur lodehnya. Selain menambah cita rasa gurih, sayur lodeh juga jadi tahan lama saat disajikan dengan tambahan bawang goreng. Tapi nggak melulu pakai bawang merah goreng, karena ada trik lain yang bisa digunakan saat memasak sayur lodeh.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya