Tanpa tambahan taburan tepung terigu, ini trik goreng ayam agar hasilnya garing dan bentuknya utuh

Tanpa tambahan taburan tepung terigu, ini trik goreng ayam agar hasilnya garing dan bentuknya utuh
foto: YouTube/KULINER INDONESIA ; YouTube/Zahra Aterah

Brilio.net - Ayam termasuk salah satu lauk praktis yang bisa diolah jadi berbagai menu masakan. Harga daging yang relatif murah dan rasanya enak, membuat ayam cocok dijadikan lauk sehari-hari di rumah. Salah satu olahannya adalah ayam goreng yang jelas enak dan cara membuatnya jauh dari kata ribet.

Ayam goreng sendiri bisa diolah dengan berbagai cara. Ayam bisa langsung digoreng, dicampurkan ke dalam adonan tepung, diungkep terlebih dahulu, maupun digoreng dengan berbagai bahan lain. Nah, jenis ayam goreng ungkep bisa jadi pilihan buat kamu yang pengen simpel saat memasak.

Meski begitu, proses menggoreng ayam juga nggak lepas dari suatu kendala. Lantaran ayam ungkep menyimpan kandungan air, alhasil saat digoreng, minyak justru meletup-letup. Belum lagi, kulit ayam malah menempel di permukaan wajan. Kalau sudah begini, ayam goreng yang dihasilkan jadi tidak matang merata dan bentuknya tak utuh lagi.

Untuk menyiasatinya, kebanyakan orang sengaja menaburkan tepung terigu secukupnya ke dalam minyak goreng panas. Dengan begitu, kandungan air yang tersisa bisa terserap sempurna. Alhasil, saat ayam ungkep dimasukkan, minyak goreng tak meletup dan ayam tidak lengket di permukaan wajan. Sayangnya cara ini membuat minyak goreng kotor.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya