Tak perlu direbus dulu, ini trik menggoreng ayam kentucky agar dagingnya matang hingga ke bagian dalam

Tak perlu direbus dulu, ini trik menggoreng ayam kentucky agar dagingnya matang hingga ke bagian dalam
TikTok/@tiara.ndariva

Brilio.net - Daging ayam termasuk salah satu jenis protein yang paling sering dikonsumsi. Bukan tanpa sebab, daging ayam bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Selain itu, pengolahannya pun juga terbilang praktis dan cocok diolah jadi segala menu.

Salah satu menu berbahan dasar daging ayam adalah kentucky. Ayam kentucky merupakan olahan daging ayam yang digoreng menggunakan balutan tepung. Menghasilkan ayam goreng dengan tekstur krispi di luar. Sedangkan bagian dalam daging biasanya akan tetap lembut dan empuk.

Ayam kentucky termasuk menu andalan di restoran atau bahkan pedagang pinggir jalan. Namun tidak sedikit juga orang yang memilih membuat kentucky sendiri di rumah, lho. Dengan bahan dasar tepung dan potongan ayam saja, kamu sudah bisa menyajikan ayam kentucky untuk lauk.

Walau sekilas tampak mudah, namun ada satu tahap pengolahan ayam yang cukup membuat banyak orang kesulitan. Terutama pada tahap penggorengan. Jika asal, menggoreng ayam dapat membuat bagian dalam daging kurang matang sempurna. Bahkan dalam beberapa kasus, bagian dalam daging malah mengeluarkan sisa darah saat digoreng.

Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan memasak dulu daging ayamnya. Jadi daging ayam akan direbus atau diungkep dulu dengan bumbu. Barulah kemudian potongan ayam ini akan dibaluri tepung lalu digoreng.

Metode tersebut memang cukup ampuh membuat daging matang sempurna. Namun bagi beberapa orang, cara ini terbilang ribet karena proses memasaknya harus dua kali.

Padahal jika tahu triknya, kamu bisa langsung mendapatkan hasil ayam kentucky yang matang sempurna dalam sekali masak atau goreng, lho. Trik menggoreng ayam kentucky ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @tiara.ndariva.

Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak merebus daging ayam terlebih dahulu. Menurutnya, merebus ayam hanya akan membuat tekstur daging terlalu alot karena overcooked (terlalu matang).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya