Cuma butuh 5 menit, ini trik merebus singkong agar empuk tanpa panci presto

Cuma butuh 5 menit, ini trik merebus singkong agar empuk tanpa panci presto
TikTok/@masakituibadah

Brilio.net - Karbohidrat bisa didapat dari berbagai jenis makanan. Salah satu sumber karbohidrat adalah nasi. Tetapi selain nasi, masih ada bahan makanan lain yang nggak kalah tinggi karbohidratnya, lho. Salah satunya yakni singkong.

Singkong tersebut akan lebih sehat jika dimasak dengan cara direbus. Kalau direbus, olahan singkong jadi minim lemak jenuh. Di sisi lain, dilansir dari healthline.com, singkong juga bermanfaat untuk menyehatkan alat pencernaan, menstabilkan gula darah, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, selain karbohidrat, singkong pun mengandung vitamin C, serat, dan lain-lain.

Namun, banyak orang masih malas masak singkong rebus lantaran prosesnya butuh waktu lama dan bisa bikin boros gas elpiji. Nggak heran banyak orang memilih merebusnya dengan panci presto, karena alat ini bisa menghasilkan suhu sangat panas dan tekanan tinggi biar singkong cepat empuk. Tetapi, kalau kamu tak memiliki panci presto, jangan khawatir dulu karena masih ada trik masak lain.

Salah satu triknya sempat dibagikan oleh warganet di akun TikTok @masakituibadah. Menurutnya, singkong bisa direbus hingga empuk hanya dalam waktu 5 menit dan tanpa menggunakan panci presto. Di samping itu, meski waktu memasaknya cenderung singkat, hasil singkong rebus yang dimasak dengan trik ini juga tetap gurih, lho.

"InsyaAllah singkong empuk, bumbu meresap, walau cuma dimasak selama 5 menit," tulis pemilik akun TikTok @masakituibadah di keterangan video-nya, dikutip BrilioFood pada Senin (22/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya