Trik merebus daun singkong agar empuk dan tetap hijau dalam 5 menit, cuma tambah 1 bahan dapur

Trik merebus daun singkong agar empuk dan tetap hijau dalam 5 menit, cuma tambah 1 bahan dapur
YouTube/Dapoer Fiyul

Brilio.net - Daun singkong merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat. Sayuran yang biasa dijual dengan harga ekonomis ini dikenal kaya gizi.

Dilansir dari repository.lppm.unila.ac.id, daun singkong memiliki kandungan protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, dan fosfor yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah anemia.

Daun singkong dapat dimasak jadi aneka menu. Mulai dari ditumis, dioseng, dijadikan lalapan, hingga dibikin berkuah. Sebelum dimasak atau dipakai untuk lalapan, daun singkong harus direbus dahulu supaya teksturnya kian empuk.

Namun proses perebusan daun singkong terbilang cukup susah-susah gampang. Pasalnya, untuk membuat daun singkong empuk memerlukan waktu cukup lama.

Di sisi lain, jika daun singkong terlalu lama direbus pun akan berubah warna, lho. Awalnya hijau menjadi tak segar lagi hingga kecokelatan hitam.

Supaya daun rebusan daun singkong tak berubah warna, banyak orang memanfaatkan garam. Garam dipercaya dapat mempercepat proses perebusan daun singkong sehingga hasilnya tetap berwarna hijau segar dan empuk. Namun selain garam, ternyata ada bahan lain yang dapat membuat daun singkong empuk dan segar dengan cepat, lho.

Seorang pengguna YouTube Dapoer Fiyul sempat membagikan cara tersebut melalui salah satu unggahannya. Alih-alih menambahkan garam ke dalam air rebusan, ia justru memanfaatkan bahan dapur lain untuk membuat daun singkong lebih cepat empuk.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya