Empuk dalam 14 menit, ini trik merebus ayam kampung agar hemat gas tanpa presto dan daun pepaya

Empuk dalam 14 menit, ini trik merebus ayam kampung agar hemat gas tanpa presto dan daun pepaya
YouTube/MamaKenz

Brilio.net - Ayam menjadi salah satu sumber protein yang kerap dikonsumsi masyarakat. Banyaknya peternak ayam membuat bahan makanan satu ini bisa dengan mudah didapat. Bahkan jenis ayam yang hendak dikonsumsi pun bisa sangat beragam, seperti ayam broiler atau ayam kampung.

Biasanya jenis ayam yang paling banyak dijual di pasaran adalah ayam broiler. Namun ada juga yang gemar mengonsumsi ayam kampung karena dinilai lebih sehat. Dilansir dari mobile.fatsecret.com, ayam kampung mengandung protein lebih tinggi dibanding ayam broiler. Selain itu, ayam kampung juga tidak memiliki kandungan lemak, lho.

Tak hanya tinggi nutrisi, ayam kampung juga memiliki rasa lebih gurih. Sayangnya, di balik kelebihan tersebut, ayam kampung memiliki tekstur keras. Oleh sebab itu, pengolahannya juga nggak boleh sembarangan supaya teksturnya bisa empuk dan lebih enak.

Jadi sebelum dimasak dengan bumbu, ayam kampung biasanya akan direbus terlebih dahulu. Banyak orang mengandalkan panci presto untuk merebus ayam kampung agar lebih hemat gas. Dan saat tidak menggunakan panci presto, air rebusan biasanya akan diberi bahan tambahan, seperti daun pepaya, baking soda, atau jahe. Sejumlah bahan tambahan tersebut dinilai dapat membantu mengempukkan daging ayam dengan lebih cepat.

Tapi kamu pernah menyangka nggak, sebenarnya tidak perlu mengandalkan bahan-bahan tersebut untuk mengempukkan daging ayam kampung. Ada teknik khusus yang bisa dilakukan untuk membuat tekstur daging ayam kampung jadi lebih empuk, bahkan dalam 14 menit.

Lebih lanjut, teknik merebus ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube MamaKenz. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan panci biasa dalam merebus ayam kampung. Namun dengan teknik khusus tersebut, perebusan ini bisa jadi lebih singkat dan hemat gas, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya