Cukup 15 menit, ini trik merebus sagu mutiara agar hasilnya bening, kenyal, dan tak lengket

Cukup 15 menit, ini trik merebus sagu mutiara agar hasilnya bening, kenyal, dan tak lengket
TikTok/@baksogo_01

Brilio.net - Biji sagu mutiara terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Biji sagu mutiara memiliki bentuk bulat kecil. Namun saat dimasak, ukurannya akan mengembang dan bertekstur kenyal.

Sagu mutiara ini pada umumnya kerap diolah jadi menu yang bercita rasa manis, seperti bubur, kue cantik manis, atau dadar gulung. Selain itu, sagu mutiara juga kerap dijadikan sebagai isian aneka minuman segar, lho.

Pada dasarnya, kamu bisa mengubah sagu mutiara jadi menu apa saja jika dapat mengolahnya dengan tepat. Pasalnya, banyak orang gagal di tahap pertama pengolahan sagu mutiara. Alih-alih kenyal dan bening, sagu mutiara terkadang justru masih berbintik putih atau bahkan menggumpal serta lengket.

Tahap pertama pengolahan sagu mutiara adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Nah, proses ini dilakukan supaya sagu bisa matang, bening, dan kenyal. Namun untuk mendapatkan hasil seperti itu, butuh waktu yang cukup lama terutama jika tidak menggunakan panci presto. Umumnya durasi yang dibutuhkan mencapai 30 menit atau bahkan bisa lebih.

Namun kamu tak perlu khawatir, sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan untuk mempercepat perebusan tersebut. Trik ini pernah dibagikan oleh salah satu warganet TikTok dengan akun bernama @baksogo_01. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa membuat sagu mutiara matang sempurna dalam 15 menit saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya