Tanpa diberi kopi atau direndam dulu, ini cara merebus jengkol agar kian empuk, tak bau, dan hemat gas

Tanpa diberi kopi atau direndam dulu, ini cara merebus jengkol agar kian empuk, tak bau, dan hemat gas
YouTube/Dapur mama anin

Brilio.net - Jengkol dikenal sebagai salah satu hidangan yang memiliki aroma kuat dan menyengat. Meski begitu, banyak orang gemar mengonsumsi jengkol karena tekstur dan rasanya bikin nagih. Jengkol memiliki tekstur empuk dan sedikit kenyal seperti daging. Apalagi kalau jengkol dimasak dengan campuran berbagai bumbu, rasanya jadi semakin gurih dan nikmat.

Jengkol bisa diolah menjadi berbagai menu mulai dari gulai, rendang, semur, hingga dicampur dengan bumbu balado. Aroma dan rasanya sudah pasti bisa meningkatkan selera makan.

Tapi, sebelum diolah menjadi berbagai hidangan, jengkol harus melewati proses perebusan terlebih dahulu. Proses perebusan jengkol sendiri biasanya memakan waktu cukup lama. Karena jengkol yang mentah teksturnya masih sangat keras. Oleh karena itu, tak sedikit orang jadi berpikir dua kali kalau mau merebus jengkol. Pasalnya, semakin lama kamu masak, gas kompor akan lebih cepat habis.

Untuk menyiasati hal itu, sebagian orang lantas memilih merendam jengkol dulu semalaman supaya nantinya kian cepat empuk. Kemudian jengkol akan direbus menggunakan tambahan beberapa bahan. Dengan begitu, aroma menyengat jengkol akan hilang. Salah satunya diberi tambahan kopi.

Tapi tak melulu pakai bubuk kopi atau ribet merendam jengkol dulu, kamu bisa menggunakan cara lain, lho. Hal tersebut pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Dapur mama anin.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya