Cuma 5 menit, begini cara merebus singkong agar cepat empuk dan hemat gas pakai 1 jenis daun

Cuma 5 menit, begini cara merebus singkong agar cepat empuk dan hemat gas pakai 1 jenis daun
TikTok/@rumahbuning

Brilio.net - Merebus sudah menjadi metode memasak yang kerap digunakan saat mengolah umbi-umbian. Dalam hal ini, singkong termasuk salah satu jenis umbi-umbian yang sering diolah dengan cara direbus. Biasanya singkong yang sudah direbus memiliki tekstur empuk dan lembut. Hal ini latas membuatnya jadi mudah diolah dengan berbagai macam bahan atau bumbu apapun.

Selain untuk bahan dasar makanan lain, singkong rebus juga sebenarnya bisa dikonsumsi langsung. Biasanya singkong rebus kerap disantap sebagai camilan atau bahkan menu makan berat. Rasanya yang sedikit gurih membuatnya cocok dikonsumsi dengan menu lauk atau sayur lainnya.

Pada dasarnya, merebus singkong bisa dilakukan seperti halnya merebus bahan makanan lain. Namun karena teksturnya yang keras saat masih mentah, singkong jadi harus direbus dalam waktu yang lama. Jika direbus menggunakan panci biasa, singkong baru bisa empuk dalam waktu 40-60 menit. Durasi yang cukup lama, sehingga bikin boros gas.

Padahal jika tahu triknya, merebus singkong bisa lebih singkat dari itu, lho. Seorang pengguna TikTok @rumahbuning pernah membagikan tutorial sederhana dalam merebus singkong agar hasilnya empuk. Karena menggunakan metode khusus, dia bisa memangkas durasi merebus. Jadi singkong yang direbus akan empuk dalam waktu 5 menit saja. Sangat singkat, bukan?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya